Tuesday, June 7, 2011

autism in children part 2

Diagnosis
Foto : Google
Gangguan spektrum autisme mempengaruhi sekitar 1-2 anak di antara 1000 anak. Anak laki-laki lebih cenderung terkena daripada anak perempuan. Gejala pertama muncul dalam dua atau tiga tahun pertama dalam hidup mereka.
Diagnosis biasanya dibuat oleh tim – seorang dokter (biasanya seorang dokter anak atau psikiater), ditambah seorang psikolog, ahli terapi bicara, terapis okupasi dan pekerja sosial. Harus ada sedikitnya dua gejala gangguan interaksi sosial; satu gejala perilaku repetitif dan ritualistik, dan kelainan dalam perkembangan bahasa, untuk
diagnosis autisme. Anak-anak dengan Sindrom Asperger memiliki perkembangan kognitif yang normal.
Karena gangguan spektrum autisme didiagnosis berdasarkan kelainan dan keterlambatan dalam perkembangan bahasa dan keterampilan sosial serta keberadaan berulang fungsional non-ritual dan perilaku yang tidak normal, maka ada perselisihan antara pekerja kesehatan untuk kriteria diagnostik yang tepat dan bagaimana gangguan yang berbeda dalam kelompok didefinisikan dan diklasifikasikan.
Perawatan
Intervensi dini. Tidak ada obat untuk kondisi ini, tetapi mereka dapat berhasil diarahkan. Saat ini sudah ada bukti yang pasti bahwa intervensi awal dan kombinasi terapi wicara, struktur pendidikan, pelatihan ketrampilan sosial, terapi perilaku dan orangtua mempromosikan pendidikan dan pelatihan maladaptive, dapat mengurangi perilaku anti sosial mereka, meningkatkan komunikasi, keterampilan sosial dan keterampilan berpikir pada anak-anak dengan autisme.
Sayangnya, sebagian besar anak-anak autis di negara kita belum menerima jam intervensi awal yang cukup karena kurangnya pendanaan dan perhatian pemerintah. Anak-anak dapat dirawat di rumah atau di sekolah, tetapi secara umum, mereka belum dapat mengambil manfaat dari pelajarn yang diberikan kepada mereka.
Program perawatan harus dirancang secara individual kepada anak. Semakin cepat dimulai, akan semakin cepat hasilnya.
Obat. Pengaruh obat sebenarnya tidak menjamin adanya perbaikan yang lebih besar, meskipun sampai sepertiga anak-anak dengan autisme mengidap epilepsi, yang harus dirawat dengan obat-obatan. Sebagian besar obat yang diberikan adalah antidepresan dan obat penenang agar tidak berperilaku di luar kontrol yang dapat merugikan diri sendiri.
Kehidupan sehari-hari. Anak-anak autis memerlukan layanan khusus. Perhatian orangtua, serta perawat khusus untuk mengontrol perkembangan mereka, juga terapis.
Sekitar 15 persen dari anak-anak autis dapat hidup normal pada akhirnya – terutama jika tingkat kecacatannya ringan dan penanganannya sejak awal.

No comments:

Post a Comment